Friday, September 7, 2012

Financial Shenanigans


ISTILAH UMUM
Beberapa istilah umum (common label) yang sering digunakan oleh para praktisi dan kalangan bisnis tentang earnings management antara lain :
 creative accountans practices,
 income smoothing,
 income manipulation,
 agresive accounting,
 financial numbers game
 financial shenanigans

Istilah yang banyak digunakan di kalangan pasar modal di Amerika (USSEC) adalah financial shenanigans, yaitu earnings management yang kadarnya mulai dari tingkatan sopan dan tidak berbahaya (benign) sampai dengan tingkatan kotor (penipuan) dan membahayakan publik atau lebih dikenal dengan istilah fraudulent financial statement (Schilit, 2002).

DEFINISI
Beberapa definisi earnings management, antara lain:
 Menurut Scott (2000): Earnings management is the choice by a manager of accounting policies so as to achieve some specific objectives.
 Menurut SEC dalam annual report, reportnya tahun 1999,mengatakan: During 1999 we focused on financial reporting problem attributable to abusive earnings management by public companies. Abusive earnings management involves the use of various forms of financial performance in order to achieve a desired redult (Washington DC, SEC, 1999 dalam C Mulford and E Commiskey, 2002).
 Menurut C Mulford and E Commiskey (2002): Earnings management is the active manipulation of accounting result for the purpose of creating an altered impression of business performance.

Hasil riset akuntansi didunia menunjukan bahwa biasanya earnings Management dilakukan bersamaan dengan adanya restruktursasi usaha atau adannya pergantian manajemen yang dilakkan perusahaan. Sedangkan akun dalam laporan keuangan yang paling disering dijadikan objek untuk melakukan earning management adalah :
persediaan(inventory),
kewajiban (terutama aspek yang terakhir dengan discreationary accrual) dan
pengakuan pendapatan (revenue recornation).

Penelitian akuntansi juga menunjukan bahwa earnings management biasanya dilakukan kuartal 4 (Q4) dalam periode pelaporan (reporting period).

Para akuntan harus lebih peka dan hati-hati dengan beberapa istilah dalam bisnis yang terkait dengan huruf “R” seperti :
 Retructuring,
 Realign,
 Redeploy,
 Reconfigure,
 Resize,
 Right Size,
 Rationalize,
 Reposition,
 Reingineer, dan
 Reorganize.

No comments: